Tugas Penting dari Seorang Sutradara - KodoGren

Latest

BANNER 728X90 For Ad(iklan)

Kamis, 24 Mei 2018

Tugas Penting dari Seorang Sutradara

Sutradara merupakan seseorang yang memiliki peranan umum sebagai pengarah atau yang mengarahkan suatu film atau adegan sesuai (tidak bertentangan) dengan scenario. Sutradara biasanya menjalani pendidikan yang formal di Sekolah Perfilman, dengan tujuan agar diakui secara jejak pendidikan dan agar mendapat ilmu yang lengkap. 
Nah… kali ini, secara lebih khusus kita akan membahas dengan cukup rinci mengenai tugas dari seorang sutradara yang terbagi dalam 2 bagian, yaitu bagian Pasca Produksi dan Bagian Produksi:

Tahap Pasca Produksi

Pada bagian Pasca Produksi (sebelum produksi), sutradara memiliki tugas-tugas penting, yatu

      1.      Melakukan Interpretasi Skenario

Pada tahap ini, seorang sutradara memiliki tugas untuk mempelajari dan memahami skenario yang akan direalisasikan atau divisualisasikan dalam film dan selanjutnya melakukan diskusi dengan setiap bagian yang terlibat, guna mendapat perencanaan yang tepat untuk kesempurnaan estetika serta aspek artistic film.

      2.      Pemilihan Kru

Sutradara melakukan pemilihan kru yang akan terlibat dalam proses produksi film. Pemilihan kru ini biasanya tidak hanya dilakukan oleh sutradara saja, tetapi bersama-sama dengan Produsen.

      3.      Casting

Sutradara memilih dan menentukan pemain utama film dan pemain pendukung film melalui proses casting. Pada tahap ini, sutradara biasanya dibantu oleh direktor casting dan pembantu sutradara.

      4.      Menjalankan Latihan

Setelah mendapat semua pemain dalam film melalui casting, selanjutnya sutradara menjalankan latihan bersama yang dimulai dari penyampaian tujuan dan visi film kepada pemain, melakukan pembacaan skenario bersama, dan selanjutnya menjalankan skenario secara real, lalu pada bagian akhir dari tahap latihan, sutradara melakukan evaluasi dari latihan yang sudah dilakukan.

      5.      Hunting

Hunting disini dapat kita artikan sebagai proses mencari dan menentukan lokasi, penata artistik, fotografi, penata suara dan bagian penting lainnya oleh sutradara. Pada tahap ini juga, sutradara harus memastikan kesiapan dari bagian-bagian tersebut.

Tahap Produksi

Pada tahap produksi ini, sutradara juga memiliki tugas-tugas penting, yaitu :

          1.      Menjelaskan kepada kru dan asisten sutradara urutan dari shooting.
         
          2.      Melakukan proses shooting.
         
          3.      memberikan petunjuk serta mengarahkan pemain film yang dirasa kurang tepat.
         
          4.      Sutradara harus memberikan keputusan yang tepat dan cepat, dalam masalah di lapangan.
         
          5.      Sutradara melihat kembali hasil shooting dan melakukan Evaluasi. 

Jadi, dapat dilihat dengan jelas bahwa sutradara memiliki peranan yang sangat penting dalam produksi film. Tentunya dengan tugas dan pengaruh sebesar itu, seorang sutradara mendapat penghasilan yang tidak kalah besar juga. Bagi teman-teman yang tertarik, sekarang di Indonesia sudah ada SAE Institute
SAE Institute ini  merupakan salah satu lembaga terkemuka di dunia dalam industri pendidikan media kreatif yang didirikan pada tahun 1976, kini telah tersebar menjadi 54 kampus di 28 negara.
Di Indonesia, SAE  Institute menawarkan program sertifikat , diploma, dan sarjana dalam disiplin Animasi , Audio, Film dan Bisnis Musik. Gelar sarjana dari SAE Institute divalidasi oleh Middlesex University London , sehingga sangat terjamin. 
Hmmm,,,, bagi teman-teman yang tertarik,
Ayo,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar