Bagian-bagian Utama Dalam Proses “Produksi Musik” - KodoGren

Latest

BANNER 728X90 For Ad(iklan)

Selasa, 06 Februari 2018

Bagian-bagian Utama Dalam Proses “Produksi Musik”

Hy semuanya…. 
Jika sebelum-sebelumnya kita sudah beberapa kali membahas mengenai Animasi 3D dan Perfilman, Kali ini kita akan menuju ke Musik (lebih khususnya Bagian Utama dalam Proses Produksi Musik). Dengan cukup berkembangnya Industri Musik Indonesia di Zaman Now ini, ada baiknya juga kita agak mengupas tentang musik. Siapa tau saja kita bisa tertarik dan terlibat dalam Industri Musik Indonesia. Berikut ini bagian-bagian Utama dalam Proses Produksi Musik tersebut ;…...

  • Proses Komposisi (Composing)
Yup, bagian ini disebut Composing atau Proses komposisi. Ini merupakan bagian awal daripada Proses Produksi musik, yang tentunya proses ini juga umumnya dilakukan di dunia Industri Musik Indonesia. Jika kita umpamakan, Composing dapat di umpamakan sebagai proses Pembuatan fondasi atau dasar yang merupakan tahap awal dalam pembuatan suatu bangunan.
Composing ini menyangkut beberapa hal, seperti pencarian ide dasar, penulisan lagu, dan pembuatan melodi vokal. Composing ini merupakan hal yang penting, karena akan mempengaruhi hasil akhir dari proses pembuatan musik.

  • Proses Aransemen (Arranging)
Setelah bagian Composing, bagian penting selanjutnya adalah bagian Proses Aransemen. Nah, pada proses aransemen ini, Composer Musik yang  telah mencomposing di tahap awal akan melanjutkan ke prose aransemen yang berupa penyusunan intro musik, reff musik, verse, dan tempo. Composer yang mengerjakan proses arannsemen ini, dalam kegiatan aransemennya akan  disebut sebagai arranger.

  • Proses Perekaman (Recording)
      setelah dilakukannya proses aransemen oleh seorang arranger, selanjutnya kita menuju pada bagian Perekaman. Tahap recording ini dikatakan tahap yang penting karena sangat menentukan kesesuaian musik yang kita inginkan. Oleh karena itu, dalam Industri Musik Indonesia, Tahap perekaman biasanya melibatkan para Profesional yang berperan ekstra pada bidang perekaman. Baik mengatur sound system dan sebagainya.

  • Proses Mixing
bagian selanjutnya adalah bagian mixing. Pada bagian ini hasil rekaman yang sudah kita rekam tadi, baik berupa track vokal ataupun track instrument, akan kita lakukan penyeimbangan (balancing). Pada tahap ini juga, kita akan memberikan effeck di hampir setiap tracknya.

  • Proses Pemolesan (mastering)
Pada Bagian Ini, Proses Produksi Musik sudah berada pada bagian akhirnya. Dimana tahap ini bisa dikatakan tahap penyempurnaan, yang mana kita akan memperbaiki kekurangan dari proses sebelumnya dan tentunya mengkonfirmasi bahwa tidak ada kesalahan atau kekurangan lagi sehingga dapat dikatakan sempurna.

Hmmmm ,,,,,,  itulah bagian-bagian utama secara umum dalam proses produksi musik, yang tentunya masih banyak lagi perincian yang dapat kita pelajari dari bagian-bagian proses Produksi musik tersebut. 
Nah… kabar baiknya, sekarang teman-teman yang tertarik dengan musik, apalagi yang ingin terlibat dalam Industri Musik Indonesia, teman-teman kini dapat belajar di SAE Institute. Yang dimana, SAE Institute ini  merupakan salah satu lembaga terkemuka di dunia dalam industri pendidikan media kreatif yang didirikan pada tahun 1976, kini telah tersebar menjadi 54 kampus di 28 negara.
Di Indonesia, SAE Institute menawarkan program sertifikat , diploma, dan sarjana dalam disiplin Animasi , Audio, Film dan Bisnis Musik. Gelar sarjana dari SAE Institute divalidasi oleh Middlesex University London , sehingga sangat terjamin. 
Hmmm,,,, bagi teman-teman yang tertarik, ayo cek selengkapnya mengenai SAE Institute Disini…..
nanti Jika Teman-teman memerlukan bantuan atau tidak yakin mana saja jalur yang tepat untuk Anda, isi formulir permintaan SAE Institute dan SAE Institute akan menghubungi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar