Cara Membuat Sinopsis dengan Mudah - KodoGren

Latest

BANNER 728X90 For Ad(iklan)

Selasa, 22 Mei 2018

Cara Membuat Sinopsis dengan Mudah



Hi guys… kali ini kita akan membahas mengenai cara atau bisa juga dikatakan dengan langkah-langkah untuk membuat sinopsis. Tapi sebelum kita jauh membahas mengenai cara membuatnya, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu sinopsis.
Sinopsis secara sederhana, dapat kita artikan sebagai gambaran singkat atau bisa juga dikatakan sebagai garis besar atau ringkasan dari suatu film maupun suatu pementasan baik secara abstrak maupun secara konkrit.
Jadi, setelah kita mengetahui secara jelas tentang sinopsis, selanjutnya kita akan langsung membahas tentang cara membuat sinopsis, yang biasanya merupakan pelajaran di Sekolah Perfilman :
     

         1.      Menyusun Garis Besar dari Sinopsis

Bagian ini didahului dengan pengetahuan kompleks dari film atau adegan/pementasan yang akan dibuat sinopsisnya. Pengetahuan kompleks yang dimaksud disini ialah, penulis harus mengetahui keseluruhan atau setidaknya mengetahui bagian awal, pertengahan dan bagian akhir dari film yang akan dibuat sinopsisnya.

Nah, setelah sudah kita pastikan telah mengetahui bagian-bagian penting dari film atau pementasan tersebut. Kita langsung saja menyusun garis besar dari sinopsis. Menyususn garis besar sinopsis ini bisa diberi artian, kita tulis apa saja yang kita ketahui secara tidak terlalu rinci karena hanya akan digunakan sebagai bahan untuk langkah selanjutnya. hal yang perlu kita tulis ialah daftar pemeran, mengulas alur, mengemukakan keunikan dan kelebihan. Untuk lebih jelasnya dari bagian ini, biasanya lebih dipelajari di Sekolah Perfilman.
      

         2.       Membuat/Merancang Sinopsis

Nah… Bagian ini adalah inti dari penulisan sinopsis yang kita buat. Dimana, kita akan menyusun bahan yang sudah kita dapat dan tulis secara tidak rinci pada langkah pertama. Penyusunan tersebut harus kita buat menarik, lebih terstruktur dan membuat pembaca ingin mengetahui fim secara lengkap. Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu kita tidak boleh menceritakan film atau pementasan terlalu rinci sehingga dapat memberi kesan spoiler.

         3.      Mengedit atau Melakukan Penyuntigan

Sinopsis yang sudah kita buat/rancang pada langkah ke dua, selanjutnya harus kita filter dan lakukan penyuntingan agar sinopsis tersebut sesuai dan dapat menjadi sinopsis yang tepat. Langkah awal yang perlu kita lakukan pada proses penyuntingan ini ialah membaca kembali sinopsis yang sudah kita buat tadi, dari beberapa sudut pandang. Mulai dari sudut pandang pembaca dan sudut pandang pembuat/produsen film. Selanjutnya jika ada hal yang kurang atau terlalu berlebihan, maka kita dapat memperbaikinya. Kemudian kita baca kembali dengan memperhatikan setiap tanda baca maupun penulisan kata yang sudah kita tulis. Jika ada yang salah atau kurang, dapat kita perbaiki. Setelah melakukan proses penyuntingan ini, maka sinopsis sudah siap untuk dipublikasikan.

Nah… cukup menarik bukan ?.... bagi teman-teman yang tertarik, tenang saja kini sudah ada Sekolah Perfilman yang berstandar internasional di Indonesia, yaitu SAE Institute.

Di Indonesia, SAE Institute menawarkan program sertifikat , diploma, dan sarjana dalam disiplin Animasi , Audio, Film dan Bisnis Musik. Gelar sarjana dari SAE Institute divalidasi oleh Middlesex University London , sehingga sangat terjamin. Dari pada kebanyakan mikir lagi, 
ayo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar