Post Production Animasi, ‘Tahap Akhir yang Penting’ - KodoGren

Latest

BANNER 728X90 For Ad(iklan)

Rabu, 18 April 2018

Post Production Animasi, ‘Tahap Akhir yang Penting’



Ya guys… kali ini kita akan akan membahas salah satu bagian penting dari proses produksi suatu Animasi, yaitu bagian Post Production Animasi. Nah,..  bagian yang satu ini juga menjadi salah satu materi penting yang dipelajari di berbagai Sekolah Animasi. Tanpa berlama-lama langsung saja kita kupas tuntas bagian yang satu ini……  

Jadi, Post Production Animasi merupakan bagian akhir dari keseluruhan bagian pada proses produksi animasi, yang mana bagian ini terdiri dari beberapa proses seperti; *Penggabungan(Compositing), *Pengkoreksian Warna (Color Correcting), *Dubbing / Musik / Sound Effects, dan *Final Output. Untuk lebih jelas, marih kita bahas setiap proses ini.

            1.       Penggabungan (Compositing)
Proses Penggabungan (Compositing) ini merupakan proses pertama dari bagian Post Production. Dalam proses Compositing, kita akan menggabungkan Scene – Scene Animasi yang sudah dibuat pada proses-proses prodksi sebelumnya. Kemampuan video editing tingkat tinggi yang dimiliki para pelajar di sekolah animasi sangat diperlukan dalam proses ini, karena kita tidak hanya menggabungkan secara abstrak tetapi bagian scene yang dirasa memperbanyak durasi juga akan dipotong dan di sesuaikan dengan bagian-bagian lainnya.

            2.       Pengkoreksian Warna (Color Corecting)
Setelah kita menggabungkan semua scene yang telah diproduksi dan memotong bagian yang dirasa tidak diperlukan, selanjutnya kita akan melakukan proses Pengkoreksian Warna (Color Corecting). Yang dimaksud ialah kita mengatur warna dengan panorama yang sesuai dengan kondisi dan mood yang terdapat pada bagian scene yang sedang kita atur. Dalam bagian ini tentunya dibutuhkan kepekaan yang tinggi terhadap suasana dan mood setiap bagian Animasi.

            3.       Dubbing/Sound Effects/Musik
Yup, setelah kita menyempurnakan bagian yang bisa dilihat/bagian visual animasi, selanjutnya kita beralih ke bagian sounding, dimana bagian ini terdiri atas penambahan suara (Dubbing), pemberian efek suara (sound effects), dan penginputan musik. Dimana , penambahan suara (Dubbing), pemberian efek suara (sound effects), dan penginputan musik yang dilakukan harus sesuai dengan yang dibutuhkan dalam Animasi tidak boleh terkesan terlalu berlebihan dan tidak boleh juga terkesan kekuranganefek..  yang satu ini membutuhkan tingkat kreativitas yang sangat tinggi, oleh karena itu bagian ini biasanya meng -hire secara khusus para lulusan Sekolah Animasi.

            4.       Final Output
Proses ini merupakan bagian puncak/akhir dari Post Production. Pada proses akhir ini, format animasi yang sesuai dengan kebutuhan akan diatur secara mendetail.

Hmmm…. Menarik bukan?.... Pada tertarik ngga nih sama dunia Animasi ?.... bagi teman-teman yang tertarik, tenang saja kini sudah ada Sekolah Animasi yang berstandar internasional di Indonesia, yaitu SAE Institute.


Di Indonesia, SAEInstitute menawarkan program sertifikat , diploma, dan sarjana dalam disiplin Animasi , Audio, Film dan Bisnis Musik. Gelar sarjana dari SAE Institute divalidasi oleh Middlesex University London , sehingga sangat terjamin. Dari pada kebanyakan mikir lagi, 
ayo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar